Selasa, 01 Maret 2016

Cara merawat AC agar tetap awet dan dingin

AC merupakan barang elektronik yang sangat dibutuhkan, terutama untuk daerah perkotaan yang memang umumnya memiliki suhu panas yang cukup tinggi. Tingginya suhu panas di daerah perkotaan disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah asap atau udara dari pabrik atau industri, asap kendaraan dan panas dari mesin, banyaknya gedung-gedung sehingga mengurangi sirkulasi udara segar, banyaknya orang yang menghuni dan juga semakin sedikitnya pohon-pohon yang biasanya menyerap panas.



Namun penggunaan AC hendaknya dilakukan sesuai dengan prosedur agar AC tetap awet dan dingin dalam jangka waktu yang lama sehingga AC tetap nyaman digunakan. Karena AC memiliki dua unit yakni unit indoor sebagai tempat untuk menyejukkan ruangan dan unit outdoor sebagai tempat untuk memasukkan udara segar. Bagian-bagian tersebut memiliki sirkuit elektronik di dalamnya, sehingga harus dilakukan perawatan secara rutin atau berkala. 
Untuk itu berikut adalah cara dan tips merawat AC agar tetap awet dan dingin yang bisa anda praktekkan ditempat anda.
1. Hendaknya saat melakukan pembelian AC tanyakan terlebih dahulu ukuran AC yang sesuai dengan tempat yang akan di beri AC, hal ini agar udara akan sesuai dengan yang diinginkan yaitu tidak terlalu dingin atau malah kurang dingin, biasanya di tempat penjual AC akan ada ahli yang untuk konsultasi. Namun umumnya ukuran AC antara 0,5 - 2 PK.
2. Hendaknya ruangan harus rapat sebelum menyalakan AC, karena apabila ruangan tidak rapat maka, AC akan bekerja lebih keras dan panas dan ruangan juga tidak sejuk secara maksimal. Jadi hendaknya tutup semua jendela, pintu dan yang bisa menyebabkan udara luar masuk.
3. Apabila AC sudah tidak digunakan atau dimatikan, maka hendaknya biarkan udara luar atau segar masuk, buka lebar-lebar jendela atau pintu agar pergantian udara menjadi lebih maksimal.
4. Jika hendak bepergian jauh atau lama  , hendaknya AC dimatikan.
5. Usahakan untuk menggunakan fasilitas timer ketika menyalakan AC, tentunya sesuai kebutuhan, misalnya 1 , 2, 3,... atau kalau bisa maksimal 5 jam. Jika setelah 5 jam maka biarkan AC mati untuk mendinginkan mesin, setelah itu AC bisa dinyalakan lagi jika diperlukan.
6. Untuk bagian dalam AC (indoor) hendaknya dilakukan pembersihan secara rutin misalnya 1 bulan sekali jika kondisi udara tidak terlalu keruh, namun jika kondisi udara terlalu keruh baiknya setiap  sebulan 2 kali.
7. Di dalam unit Indoor terdapat sebuah gas freon yang bisa menyebabkan AC dingin, jika Freon mengalami bocor atau pengurangan, maka AC menjadi tidak dingin, hendaknya setiap 6 bulan perlu dilakukan pengecekkan oleh ahli yang berpengalaman. Begitu juga untuk bagian outdoor yang langsung beraada di udara luar, maka hendaknya di bersihkan secara rutin agar debu tidak menempel dan mengganggu sirkulasi udara segar.

8. Hendaknya tidak terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius, karena ibarat sebuah mesin mobil atau motor , gas di maksimalkan, jadi mesin akan cepat panas.
9. Remote kontrol hendaknya dijaga agar tidak jatuh dan terkena air, karen remote menjadi sangat penting untuk mengontrol AC.
Demikian tips dan cara merawat AC dengan benar agar tetap dingin dan awet sehingga anda tetap nyaman menggunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.